Saturday, April 15, 2017

Ciplukan, Tanaman Mungil Sejuta Manfaat

SHARE
Ciplukan, tanaman kecil dengan buah yang mungil namun memiliki manfaat dan khasiat yang besar bagi manusia. Mulanya tumbuhan yang memiliki nama latin Physallisa Angulata L ini merupakan tumbuhan liar yang hidup disekitar tanaman atau semak-semak.

Kini nama tanaman yang satu ini semakin dikenal berkat khasiat dan manfaat yang terdapat di ciplukan ini. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengungkapkan bahwa ciplukan terbukti memiliki banyak kandungan yang berkhasiat dan beramanfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya saponin (pada tunas), flavonoid (daun dan tunas), polifenol, tanin,dan fisalin (buah), Withangulatin A (buah), asam palmitat dan stearat, Elaidic acid. (biji), alkaloid (akar), Chlorogenik acid, C27H44O-H2O (batang dan daun), tannin (buah), kriptoxantin (buah), vitamin C dan gula (buah).

Kini jelas sudah jika tanaman ini memang memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Tanaman ini juga tergolong multifungsi karena tak hanya buahnya saja yang memiliki khasiat dan manfaat melainkan hampir seluruh bagian dari tanaman ini menyimpan manfaat yang besar bagi manusia.




Berikut beberapa manfaat dari ciplukan bagi kesehatan serta cara pengobatannya :


  • Mengobati Influenza : Tanaman 9-15 gram direbus, minum. Penetral racun untuk influenza, 3 pohon dipotong 5 cm, rebus didalam 4 gelas air, sisakan 2 gelas, saring, minum.

  • Mengobati Sakit Tenggorokan : Tanaman 9-15 gram direbus, diminum.

  • Mengobati Batuk Rejan ( Pertusis ) : Tanaman 9-15 gram, direbus, diminum.  Mengobati Bronchitis Tanaman 9-15 gram, direbus, diminum.

  • Mengobati Gondongan ( Parotitis ) : Tanaman 9-15 gram, direbus, diminum.

  • Mengobati Pembengkakan Buah Pelir ( Orchitis ) : Tanaman 9-15 gram, direbus, diminum.

  • Mengobati Bisul Daun : Ciplukan 1/2 genggam dicuci, digiling halus, diturapkan pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut, diganti 2X sehari.

  • Mengobati Borok Daun : Ciplukan 1/3 genggam dicuci, digiling halus, ditambah air kapur sirih secukupnya untuk menurap borok, diganti 2X sehari.

  • Mengobati Kencing Manis (Diabetes Mellitus) : Tanaman direbus dengan 3 gelas air jadi 1 gelas, saring dan minum.

  • Mengobati Sakit Paru-Paru : Tanaman ciplukan lengkap direbus dengan 3-5 gelas air mendidih, saring, minum airnya 3X sehari 1 cangkir.  Mengobati Ayan Buah ciplukan 8-10 butir dimakan setiap hari. 


(sumber:berbagaisumber)

SHARE

Author: verified_user

0 comments: